Test Footer 1

Membuat domain .co.cc dengan web hosting dns 000webhost.com

Mau membuat website murah tapi yang enggak murahan? pakai aja www.co.cc, sebuah layanan direct dns untuk hosting gratisan seperti 000webhost.com.

Tapi mau juga nikmatin layanan email berbasis domain gratisan yang ditawarkan oleh Google tanpa harus menggunakan mode url forwarding-nya www.co.cc.

Atau masih bingung ? ikuti tutorial ini dijamin pasti bisa langsung coba.
siapa sih yang enggk tau www.co.cc sebuah website yang memberikan layanan domain gratis berbasis "namaanda.co.cc". dari data yang dapat dilihat dari websitenya terlihat bahwa member dari Indonesia mendominasi layanan gratisan ini (ckckck). Bila dilihat dari pencarian di google maka dapat dikatakan bahwa pemilik domain co.cc ini adalah orang korea walaupun akhiran tld .cc itu bukanlah milik korea tapi milik negara "Cocos (Keeling) Islands".

Ada 3 cara yang dapat dipakai untuk mengalamatkan website yang kita miliki ke akhiran .co.cc

1. Manage DNS, dengan metode ini kita dapat memasukkan nama server dari hosting yang kita pakai. jadi lebih terlihat profesional karena alamat hosting yang asli akan tertutup dan selanjutnya akan digantikan oleh namaanda.co.cc (metode terbagus yang akan saya peragakan disini)

2. Zone Record, metode ini mengijinkan kita untuk mengatur pengalamatan MX, NS, A dan CNAME. Dengan pengaturan2 tersebut kita dapat mengubah2 server email (biasanya bila mau menggunakan jasa google apps) yang kita miliki dan pembentukan subdomain seperti "subdomain.namaanda.co.cc" yang dapat di-direct kealamat website lainnya.

3. URL Forwarding, ini yang paling gampang karena kita cukup menentukan alamat website asli kita yang akan kita tuju, tetapi cara ini kurang profesional soalnya alamat asli website kita akan terlihat sehingga namaanda.co.cc yang anda miliki hanya berperan sebagai pengalihan saja. tetapi metode inilah yang paling mudah juga bila kita ingin menggabungkan domain namaanda.co.cc dengan jasa google apps.

Dari sedikit penjelasan diatas, tentunya semua menginginkan metode Manage DNS, tapi bila mau menggabungkannya dengan google apps cara ini tidak akan bisa karena tidak ada fasilitas untuk mx dan cname seperti yang ada dicara ke-2 ataupun cara mudahnya di metode ke-3.

Suatu ketika saya pernah menanyakan tentang ke-3 metode yang dipakai untuk me-direct hosting yang kita miliki ke domain namaanda.co.cc ini bila ingin dipakai berbarengan. tapi dari balasan yang dikatakan bahwa saya (pemakai) hanya bisa memakai 1 metode saja untuk mengalamatkan sebuah website berakhiran .co.cc tersebut.

Karena saya sedang membuat website yang sedang diujicoba dengan hosting gratisan maka saya mencari cara supaya saya bisa menikmati layanan DNS sekaligus bisa mendaftarkan email di Google Apps

akhirnya saya menemukan sebuah hosting yang cukup terkenal juga di Indonesia yaitu 000webhost.com sebuah web hosting gratisan yang memiliki fasilitas direct DNS ke domain lain (seperti www.co.cc ini).

dengan hosting inilah akhirnya saya bisa mendapatkan fasilitas dns dan mx untuk google apps.


sekarang saya akan menunjukan pengaturan pada .co.cc (saya asumsikan anda telah mendaftar dan login)



isikan nameserver 1 dan 2 dengan ns01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com

klik set up

lalu logout dari akun co.cc anda

sekarang kita beralih ke website 000webhost.com (saya asumsikan bahwa anda belum mendaftar) karena beginilah caranya. (lihat gambar)




ketik alamat domain yang telah anda daftarkan di www.co.cc lalu masukkan yang lainnya seperti biasa.

Tips : jangan menggunakan free subdomain.

Setelah proses pendaftaran berhasil selanjutnya akan muncul halaman berikut.



Terlihat nameserver yang telah kita daftarkan di www.co.cc

selanjutnya anda bisa masuk ke cpanel yang ada disana tertulis bahwa domain belum terakses keservernya. Proses ini bisa memakan waktu berjam-jam jadi ditunggu aja.

Setelah itu anda baru bisa me-manage file-file yang akan di upload ke server 000webhost.com


Add Your Comments

Disqus Comments
Program Affiliate Indowebmaker